BERLATIH SOAL KIMIA INTI

Contoh Soal:

1. Contoh reaksi peluruhan radioaktif

a. Peluruhan negatron : 01n → 11H + -10β

b. Peluruhan positron : 2754Co → 2654Fe + 10β

c. Penangkapan elektron : 2244Ti + -10e → 2144Sc

d. Peluruhan gamma : 2760Co → 2760Co + γ

e. Pemancaran neutron : 3687Kr → 3686Kr + 01n

f. Peluruhan alfa : 84210Po → 82206Pb + 24He

2. Contoh reaksi transmutasi inti

a. Penembakan partikel alfa ; 714N (α, p) 817O : 714N + 24α → 817O + 11p

g. Penembakan dengan neutron : 714N + 01n → 614C + 11H

3. Diketahui : atom 2656Fe memiliki massa terukur sebesar 55,9349 sma.

Ditanyakan : energi pengikat inti 2656Fe

Jawab :

Massa atom 2656Fe menurut perhitungan:

m = (26 x massa proton + 26 x massa elektron + 30 massa neutron)

= (26 x 1,00728 + 26 x 0,000549 + 30 x 1,00867) sma

= 56,4634 sma

Defek massa (Δm) = 56,4634 - 55,9349 = 0,5285 sma

Energi pengikat inti:

Dalam Joule : ΔE = mc2

ΔE = (-0,5285 sma) (3x 108 m/s)2

= (-4,7565 x 1016 sma m2/s2) x (1 kg/6,022 x 1026 sma) x (1 J/1 kg m2s2)

= -7,89 x 10-11 J

Tanda (-) menunjukkan bahwa reaksi eksotermis

Energi ikatan inti per nukleon :

ΔE = 7,89 x 10-11/56 nukleon

= 1,409 x 10-12 J/nukleon

Untuk pembentukan 1 mol Fe:

ΔE = (7,89 x 10-11 J) (6,022 x 1023/mol)

= 4,75 x 1013 J/mol

Dalam MeV

ΔE = 0,5285 sma x 931 = 492 M eV

4. Diketahui : waktu paro bismut-210 adalah 5 hari

Ditanyakan : tetapan peluruhan dan waktu yang diperlukan agar 0,016 mg bismut meluruh menjadi 0,001 mg

Jawab :

a. λ = 0,693/t1/2

= 0,693/ (5 hari x 24 jam x 60 menit x 60 sekon)

= 1,6 x 10-6 s-1

b. ln Nt/N0 = - λt

t = - (ln 0,001/0,016)/ 1,6 x 10-6

= 1732867,9 sekon ~ 20 hari

LATIHAN SOAL:

1. Apa perbedaan reaksi inti dengan reaksi kimia biasa?

2. Apa perbedaan antara elektron dengan positron?

3. Lengkapi persamaan reaksi berikut dan identifikasi X:

a. 1226 Mg + 11p → 24α + X

b. 2759Co + 12H→ 2760Co+ X

c. 92235 U + 01n → 3694Kr + 56139Ba+ 3X

d. 820 O → 920F + X

e. 53135I → 54135Xe + X

f. 1940 K → -10β + X

g. 2759 Co + 01n→ 2556Mn + X

4. Nyatakan aturan umum untuk menyatakan kestabilan inti!

5. Bagaimana persamaan Einstein memungkinkan kita menghitung energi ikatan inti?

6. Untuk setiap pasang unsur berikut, prediksi mana yang memiliki isotop lebih stabil:

a. Co atau Ni

b. F atau Se

c. Ag atau Cd

d. 36Li atau 39Li

e. 1123Na atau 1125Li

f. 2048Ca atau2148Sc

7. Hitung energi ikatan inti (dalam J dan MeV) dan energi ikatan inti per nukleon dari isotop berikut:

a. 37Li jika massa terukur 7,01600 sma

b. 1735Cl jika massa terukur 34,95952 sma

c. 74184W jika massa terukur 183,9610 sma

8. Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan peluruhan inti!

9. Mengapa deret peluruhan radioaktif mengikuti kinetika orde pertama?

10. Tuliskan persamaan inti yang setara untuk reaksi berikut dan identifikasi Y:

a. Y (p,α) 612C

b. 1327Al (d,α) Y

c. 2555Mn(n,γ) Y

d. Y (d,2p) 39Li

11. Hitung berapa persen cuplikan 2760Co yang tinggal setelah 3 tahun jika waktu paronya 5,26 tahun!

12. Intensitas radiasi yang dipancarkan oleh suatu unsur berubah menjadi seperdelapan intensitas awal setelah 48 hari. Hitung waktu paro unsur tersebut!

13. Karbon -14 bersifat radioaktif dengan waktu paro 5730 tahun. Hitunglah umur sepotong kayu yang mempunyai keaktifan 10 disintegrasi per menit per gram karbon dibandingkan dengan keaktifan 15 disintegrasi per menit per gram karbon dari cuplikan kayu yang baru!

14. Hitung waktu yang diperlukan isotop X sebanyak 0,04 gram agar berkurang sebesar 25% jika waktu paronya adalah 2 hari!

15. Diketahui isotop Y dengan waktu paro 7 hari. Tentukan tetapan peluruhan dalam s-1 dan massa yang berkurang dalam waktu peluruhan 10 hari jika massa mula-mula sebesar 0,0067 mg.

TUGAS INDIVIDU UNTUK DIKERJAKAN DI RUMAH, DIKUMPUL PADA SAAT UJIAN AKHIR SEMESTER:

Tulislah esai tentang pro dan kontra mengenai pembangkit tenaga nuklir (berdasarkan fisi inti) dengan perhatian khusus pada efek pemanasan global dan keamanan reaktor

94 comments:

  1. ITSNAINI RAHMAWATI
    08303241016

    ReplyDelete
  2. rosyida sholihati ika sari
    08303241024

    ReplyDelete
  3. Zella Andini K
    08303241032

    Assalamualaikum Bu...

    ReplyDelete
  4. Resti Yektyastuti
    08303241018

    ReplyDelete
  5. Ririn E.H
    08303241019

    bu, absen z......
    da tGas lagi Z Bu.
    SEMANGAT...

    ReplyDelete
  6. Fitria Susilowati
    08303241031

    ReplyDelete
  7. Dahvi Arisma W
    08303241017

    bu, soalY kok Susah.

    ReplyDelete
  8. Dwi Rahayu
    0830324139

    absen ja bu...

    ReplyDelete
  9. Beti Adhini W
    08303241029

    ReplyDelete
  10. Devayana Nur Rahman
    08303241034

    ReplyDelete
  11. Emma Ulifa
    08303241008

    ReplyDelete
  12. ahmad hanif sidiq (08303241038)




    absen juga...

    ReplyDelete
  13. Tri Saryanto 08303241005

    Assalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  14. Kurnia Nurfitria (08303241021)
    ..............

    .........................................

    Absen saja bu......he

    ReplyDelete
  15. Fajar Sulistyarini
    (08303241004)



    Absen y Bu......

    ReplyDelete
  16. yuni nurfiana
    08303241025

    soalnya mohon di bahas bu.......

    ReplyDelete
  17. ESA KURNIA SARI
    08303241027

    ^^

    ReplyDelete
  18. DWI AGUSTINA R. (08303241026)

    ReplyDelete
  19. ANNISA BUDHIARTI (08303241010)

    ReplyDelete
  20. anifah adhina nuriha
    08303241006

    bu,tugasnya dikumpulkan pas uas, pas di ruang ujian..
    ada syarat berapa banyak gitu ga??

    ReplyDelete
  21. dahvia arisma widiastini (08303241017)
    absen lagi bu

    ReplyDelete
  22. bu tugas yang dikumpulkan yang latihan dan essay PLTN atau hanya yang PLTN dan latihannya tidak dikumpulkan
    dahvia

    ReplyDelete
  23. Assalamualaikum..

    presensi lagi bu

    Fitria Susilowati
    08303241031

    ReplyDelete
  24. Arsyi Nurani Ismayawati
    08303241007

    Absen ya bu....


    Bu itu formatnya seperti kalau menyusun karya ilmiah itu?

    ReplyDelete
  25. bu,,
    tugas esai ny,,diketik?

    ReplyDelete
  26. DWI AGUSTINA R.
    08303241026

    Presensi ya Bu. .

    ReplyDelete
  27. INES AGUSTA P
    08303241001
    absen bu.... ^-^

    ReplyDelete
  28. Absen lagi bu..
    n_n


    Resti (08303241018)

    ReplyDelete
  29. itsnaini Rahmawati
    08303241016

    Assalamu'alaikum Wr Wb
    Tugas esainya ada ketentuan tambahan ga bu?mungkin minimal brp halaman gt....
    Matur nuwun

    ReplyDelete
  30. Zella Andini K
    08303241032

    ibu, saya presensi lagi..
    soal-soalnya kalau dibahas di kelas bisa atau tidak Bu?
    kalau tidak dibahas kan tidak tahu yang benar yang mana.
    terima kasih

    ReplyDelete
  31. Kurnia Nurfitria
    08303241021

    Bu, kok kadang tiap saya mengunjungi blog ini sering gagal waktu memberi comment (abborted)?
    .........
    selain itu saya juga masih bingung mengenai format esainya...???....
    .....klo bisa soalnya dibahas aja bu...soalnya banyak yang nggak bisa ,...termasuk saya...he
    maaph klo banyak nanya....

    terima kasih

    ReplyDelete
  32. ass.Bu soalx di bahas ja y?

    (08303241020)

    af1 q g mudeng biz Soalx Sulit buangettttttttttt,,,,,,,,,,,,,,,,
    he,,,,

    ReplyDelete
  33. tugas essay tidak seperti makalah kemarin, tulisan dibuat ke arah ilmiah populer seperti tulisan dalam kolom analisis atau opini surat kabar. inti permasalahan, kaitkan dengan teori dasar yang paling mendukung kemudian bahas sesuai dengan pemahaman dan pendapat Anda. judul dibuat semenarik mungkin. jumlah tulisan min 2 halaman A4 spasi 1,5.
    latihan soal tidak dikumpulkan, soal mana yang sulit??? kalo ada wkt bisa dibahas di kelas

    ReplyDelete
  34. Yogo dwi prasetyo (08303241011)

    absen bu.

    ReplyDelete
  35. presensi Bu,,,,,,,,,,,

    Rahma Cahyaningrum
    08303241037

    ReplyDelete
  36. Adhitya B. (028)

    BU BESOK SENIN SOAL TERSEBUT DIBAHAS AJA YA!!!
    saya kira dg adanya blo seperti ini blajarnya bisa lebih mudah, tapi knp dibaca berulang2 tetep belum jelas2 ya

    ReplyDelete
  37. iya bu,saya juga ngrasa bingung

    bu, materinya banyak banget..

    saya juga belum pernah bikin esai ni jadinya bingung mau gimana...

    08303241006

    sekalian absen ya bu...

    wah, ga bisa absen tuap hari ni bu,, maklum,, tanggal tua.. hehehe

    ReplyDelete
  38. oia bu,,soalnya dibahas dong...

    anifah ...006

    ReplyDelete
  39. INES AGUSTA P
    08303241001

    absen bu.... ^_^

    ReplyDelete
  40. Presensi Bu,,,,

    Fitria S (031)

    ReplyDelete
  41. bu, harus berkaitan dengan pemansaan global ya??

    waduh...

    jadi tambah bingung...

    seklian presensi ya bu..

    anifah adhina nuriha
    08303241006

    ReplyDelete
  42. Emma Ulifa
    (08303241008)
    absen ya bu,,,,
    bener bu,,,,soalnya dibahas

    ReplyDelete
  43. ResSti YektYasTutiJune 1, 2009 at 1:41 AM

    Resti (08303241018)


    Absen bu..
    (n_n)

    ReplyDelete
  44. Zella Andini K
    08303241032

    ibu, saya presensi lagi...

    ReplyDelete
  45. Bu....... Meskipun belajar sendiri d rumah tetep ga mudeng jhe.....

    Rahma C
    08303241037

    ReplyDelete
  46. absen ya bu

    Adhitya B.
    08303241028

    ReplyDelete
  47. Rahmat basuki


    Absen bu..

    ReplyDelete
  48. Ahmad Hanif Sidiq

    (08303241038)

    absen y bu...

    ReplyDelete
  49. zella andini k
    08303241032

    presensi bu...

    ReplyDelete
  50. waHH... jadi pengin buat blog ni,,,,,,,,,

    Presensi z Bu',,,,,,,,

    Rahma C
    08303241037

    ReplyDelete
  51. BU...kapan pembahasannya ditampilkan????

    yuni nurfiana 0830...25

    ReplyDelete
  52. bu....esainya minimal brp halaman?

    yuni nurfiana
    0830...25

    ReplyDelete
  53. KhadiratuL k
    08303241009

    =D

    ReplyDelete
  54. zella andini k
    08303241032

    ReplyDelete
  55. absen lagi...........bolehkan Bu
    Dahvia (08303241017)

    ReplyDelete
  56. Fitria Susilowati
    08303241031

    ReplyDelete
  57. Zella Andini k
    08303241032

    ReplyDelete
  58. Resti Yektyastuti
    (08303241018)

    ReplyDelete
  59. ahmad hanif sidiq (08303241038)

    ReplyDelete
  60. Rahmat Basuki
    08303241015

    ReplyDelete
  61. Nursetya Danusaputra
    08303241015

    ReplyDelete
  62. Devayana Nur Rahman
    08303241034

    Buat temen2 smoga Usip Senin besok pada bisa.. aaamiin..

    ReplyDelete
  63. Fajar Sulistiyarini
    08303241004

    Fajar absen Bu...

    ReplyDelete
  64. Fitria Susilowati
    08303241031

    ReplyDelete
  65. Arsyi Nurani I
    08303241007

    bu besok usipnya jangan susah-susah ya....

    ReplyDelete
  66. ahmad hanif sidiq
    08303241038

    bsuk jgn susah2 y bu....

    ReplyDelete
  67. Fitria Susilowati
    08303241031

    ReplyDelete
  68. Esa Kurnia Sari
    08303241027

    bu,, jwban ujian sisipan kmrin kuncinya mau dibagi g??

    ReplyDelete
  69. bu,, kunci jwban d upload d blog aja bu.. biar tmn2 bsa akses..

    esa lagi..

    ReplyDelete
  70. itsnaini rahmawati
    08303241016
    assalamu'alaikum wr wb..
    bu antuni, jawaban ujian sisipan lalu koq belum ada?usip yang kemarin juga diupload ya bu....tlg...jadi bisa buat belajar...
    Bu, ada kisi2 UAS ato ga?
    makacih banyak bu....

    ReplyDelete
  71. Emma Ulifa
    08303241008
    Assalamu'alaikum bu,,,
    Bu,,kapan kunci jwban USIP 1 di upload??
    terima kasih bu,,

    ReplyDelete
  72. KhadiratuL KhoTimaH
    08303241009


    aBsen buuuu......

    ReplyDelete
  73. 08303241012
    muh. rheza numpang absen ya bu . . . . . .

    bu minta kisi-kisi uas donk, terus saya bingung yang tata nama senyawa organik yang kemarin je bu, boleh minta materinya bu???????????

    ReplyDelete
  74. 08303241012
    rheza numpang absen lagi bu...........

    ReplyDelete
  75. dahvia arisma
    absen aja bu

    ReplyDelete
  76. 08303241010
    annisa budhiarti
    annisabudhiarti.blogspot.com

    jawabannya soalnya belum ya Bu?

    ReplyDelete
  77. arsyi nurani i
    08303241007

    absen ya bu

    ReplyDelete
  78. Esa Kurnia Sari
    08303241027

    Bu,,presensi...^^

    BU,,kunci jwaban usipI dan usip yang kmrin blm ada y??
    kisi2 ujian,,semua bab??

    ReplyDelete
  79. absen bu...mbok ada info baru...

    ReplyDelete
  80. Fitria Susilowati...
    08303241031
    Buat temen2,,selamat belajar jangan lupa berdoa..tinggal tawakal deh,,
    Buat Bu Antuni...bu, jangan lupa doakan kami yang akan menempuh Ujian Akhir Semester y...
    presensi y bu...

    ReplyDelete
  81. SEMANGAT (08303241020)

    ReplyDelete
  82. ADHITYA B.
    08303241028

    Absent y bu

    ReplyDelete
  83. Deva
    08303241034

    Presensi bu..

    ReplyDelete
  84. Zella A K
    08303241032

    presensi bu,
    terima kasih

    ReplyDelete
  85. fitria susilowati
    08303241031

    ReplyDelete
  86. presensi bu
    08303241020

    ReplyDelete
  87. Teman-temanku . . .
    selamat belajar yach...
    sebenarnya g enak jika ngucapkan slamat belajar cuma waktu musimm ujian kaya gini...
    harusnya tiap hari

    tpi ni berhubung UAS, ya lebih digiatkan belajarnya lagi tak ada salahnya

    he he he
    jadi malu nich...
    yang bilang ini bukan sosok yang mencerminkan demikian low


    yuni nurfiana
    08303241025

    ReplyDelete
  88. absen bu,,,,,,,,,,

    bu kapan Jawaban Usip 1 di simpan di BLOGSPOTnya?
    maaf Bu cman nanya ja,,,,,,,,,,,,,,



    (08303241020)

    ReplyDelete
  89. Ass....Ada soal yg ingin saya tanyakan...Dan saya mohon bantuannya untuk menyelesaikan soal ini.........
    1. 64Cu meluruh dengan waktu paruh 12,8 jam dengan modus peluruhan: 42% dengan penangkapan elektron (EC), 19% dengan pemancaran positron dan sisanya denagn pemancaran negatron. Tentukan tetapan peluruhan dan waktu paruh parsial untuk setiap modus peluruhan tersebut.

    Mohon bagi yg bisa mengerjakannya untuk mengirim jawaban dan penyelesaian dari soal tersebut ke e-mail saya. Trimakasih

    e-mail: tyas_241204@yahoo.com

    Ttd
    Rosallia

    ReplyDelete